Site Loader
Rock Street, San Francisco

Latar BelakangPada masa sekarang, dunia bisnis terus – menerus mengalami perkembangan yang sangat pesat demean persaingan bisnis yang semakin ketat. Hal ini dikarenakan bertambahnya perusahaan yang semakin banyak. Maka dari itu, untuk mengatasi hal – hal terse but, suatu perusahaan sebaiknya harus lebih kreatif dan inovatif. Setiap orang (pengusaha) juga harus bisa mencari kesempatan yang ada untuk bersaing dalam persaingan bisnis demean melihat peluang yang ada di lingkungan sekitarnya.

Program linear dalam ilmu matematika merupakan suatu program yang dapat dijadikan teknik perencanaan sehinga dapat digunakan oleh suatu perusahaan dalam mecari keuntungan maximum ketika perusahaan terse but akan memproduksi suatu barang. Program linear (linear programing) itu sendiri merupakan salah satu teknik perencanaan yang memengaruhi model matematika untuk menyelesaikan masalah optimasi (memaksimumkan dan meminimumkan) suatu fungsi.

Untuk menyelesaikan masalah optimasi linear dapat diselesaikan dengan beberapa cara salah satunya dengan menggunakan metode simpleks. Menurut George Dantzing, metode simpleks merupakan suatu metode untuk menyelesaikan masalah program linear melalui perhitungan berulang – ulang (iteration) agar mencapai nilai optimum.

Dari hasil penelitian sebelumnya yang dilakukan oleo Dyanarti, Tri Wahyuni dengan judul penelitian Analisis Hasil Kombinasi Produk dan Tingkat Penjualan dalam Upaya Memaksimalkan Laba (Studi Kasus Perusahaan Roti 33 Di Sragen), dengan hasil penelitian yaitu kombinasi produk dan tingkat penjualan selama tahun 2012 mulai dari jumlah produksi, bahan baku, daya beli konsumen serta jumlah permintaan. Andrew dengan judul penelitian Implementasi Program Linear untuk Memaksimumkan Keuntungan Produksi Pakaian dengan Menggunakan Aplikasi POM-QM, didapatkan hasil penelitian yang harus diperhatikan yaitu bagian pembelian, administrasi, produksi, penjualan, dan bahan baku agar memenuhi optimum. Barokah, Siti dengan judul penelitian Kombinasi Produk Kain Tenun untuk Memperoleh Laba Optimal (Studi Kasus Tenun House of Hoeda’s Troso Pecangaan Jepara) dengan hasil penelitian barang yang diproduksi harus memenuhi kebutuhan manusia dan dibatasinya lingkungan operasi seperti sumber daya, waktu, tenaga kerja, energi, bahan baku, uang, dan lain-lain dengan secara optimal.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa apabila perusahaan tersebut ingin memperoleh keuntungan maksimum dengan menggunakan metode simpleks maka harus memperhatikan ketersediaan bahan baku saat produksi agar tidak mengganggu saat berlangsungnya produksi, jumlah produksi barang yang akan dibutuhkan, dan jumlah permintaan yang banyak.

Post Author: admin